Galeri: Xavi Menangis dan Seluruh Dunia Memuji Iniesta

Andres Iniesta akan menjalani pertandingan terakhirnya bersama Barcelona akhir pekan ini. Iniesta bakal meninggalkan Barca setelah sekitar 16 tahun membela tim utama Barca

Namun Iniesta sudah bersama Barca jauh sebelumnya karena ia dari kecil memang sudah belajar di La Masia. Karena itu pula, perpisahan kali ini terasa sangat berat bagi sang maestro. Ia akan meninggalkan rumah yang sudah ditinggalinya selama puluhan tahun.

Banyak yang menilai kepergian Iniesta kali ini adalah akhir dari sebuah era. Kombinasi Iniesta dan Xavi Hernandez memang menjadi duo gelandang paling kreatif dan menakutkan sejak 2008. Ditambah dengan Serrgio Busquets di belakang mereka dan Lionel Messi di depan mereka, Xaviesta menjadi penguasa lini tengah sejak satu dekade lalu.

Barcelona menggelar acara perpisahan khusus untuk Iniesta. Sebelumnya Barca memang sudah sering menggelar perpisahan pemain seperti ketika Carles Puyol, Xavi, atau mascherano pergi. Namun acara itu dilangsungkan di Auditori 1899 yang relatif kecil sementara perpisahan Iniesta digelar di Camp Nou.

“Dia melakukan hal-hal dengan sangat mudah. Dia bisa melakukan banyak hal tidak mungkin dengan cara yang mudah sehingga terlihat tidak normal,” ucap Messi tentang Iniesta.

“Dia adalah teladan bagi semua olahragawan di La Masia. Dia adalah cermin yang pernah saya pakai untuk belajar banyak hal,” tambah Sergi Roberto.

Tapi mungkin yang paling menyentuh bagi Iniesta adalah melihat video dirinya sendiri ketika masih kecil. “Saya ingin menjadi pemain sepakbola dan menjalani karier yang bagus,” itulah ucapan Iniesta kecil dalam wawancara pertamanya bersama Barca.

Barcelona mewawancarai banyak sekali tokoh sepakbola dan non-sepakbola kelas dunia. Mereka memberikan pendapat mereka tentang seorang Iniesta.

Pujian pun mengalir, bukan cuma dari mantan rekan-rekan Iniesta, tetapi juga dari banyak rivalnya. Xavi, Puyol, Casillas, Guardiola, Buffon, Valdes, Rafa Nadal, Totti, Ribery, Ramos, Capello, Koeman, Van Gaal, Cocu, Lineker, dan banyak nama-nama besar lainnya yang memberikan pandangan mereka soal Iniesta.

Samuel Eto’o ingin memberikan ribuan Ballon d’Or kepada Iniesta. Capello mengatakan bahwa setiap kali ia melihat Iniesta masuk ke lapangan, ia selalu ingin memberikan aplaus. Guardiola menyebut semua aksi Iniesta di lapangan selalu sempurna karena Iniesta sendiri memang pemain sempurna

Acara perpisahan Iniesta secara resmi digelar di Camp Nou. Acara ini dihadiri oleh para petinggi klub, tim Barca, keluarga, fans, dan juga beberapa eks pemain Barca.

Panggung tempat digelarnya perpisahan ini berlatar belakang deretan trofi yang dimenangkan Iniesta bersama Barcelona. Samuel Eto’o yang berada di panggung mengungkapkan kesan pertamanya tentang Iniesta. “Dia membuat segalanya terlihat mudah, dia membuat hal-hal yang sulit menjadi mudah.”

Xavi yang merupakan tandem terbaik Iniesta juga tak segan menghujaninya dengan pujian. “Dia melakukan segalanya dengan benar, dia datang ke tim utama dan melakukan segalanya dengan sempurna. Dia adalah teladan yang baik; dia dalah pemimpin yang baik, rekan yang baik, dan selalu memikirkan tentang tim. Kamu adalah legenda, ke mana pun kamu pergi, kamu adalah Legenda.”

Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Jordi Alba lalu turut naik ke panggung, menceritakan pengalaman terbaik mereka bersama Iniesta. Pada intinya, mereka bahagia bisa berbagi trofi bersama Iniesta dan sedih melihat Iniesta akan pergi.

Semua yang di panggung terlibat perbincangan yang cukup panjang dan menarik. Acara ini diakhiri dengan pidato Iniesta yang disambut dengan standing ovation dari semua orang yang ada di sana. Xavi Hernandez terlihat tak kuasa menahan tangis.

(Visited 23 times, 1 visits today)

You might be interested in